logo blog

Rahasia Membuat Warnet Anti LAG

Rahasia Membuat Warnet Anti LAG

Game yang mengalami koneksi tidak stabil atau LAG

 

Warnet Anti Lag


LAG merupakan salah satu satu masalah yang sering membuat emosi para gamers. Pernahkah anda sebagai operator atau pemilik warnet melihat user warnet anda yang marah-marah atau ngomel sendiri ketika bermain game online? Itu karena saat mereka bermain, koneksi internetnya sedang dalam kondisi tidak stabil atau dalam istilah gamer sering disebut lag. Lag membuat aktivitas game online menjadi patah-patah atau tersendat-sendat sehingga sangat tidak nyaman bagi para gamers. Lag bisa terjadi karena pembagian bandwidth tiap pc client tidak merata, misal ada 1 pc client yang digunakan untuk mendownload file berukuran besar dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager), maka bandwidth akan terkuras oleh 1 pc client saja, sehingga pc client yang lain hanya mendapatkan sedikit bandwidth yang bisa menyebabkan lag pada game online. Jika hal ini dibiarkan saja dan pemilik warnet tidak ada usaha untuk memperbaikinya, maka anda harus siap-siap kalau nantinya warnet anda akan ditinggalkan oleh para pelanggan yang lebih memilih warnet lain dengan koneksi internet stabil dan tidak lag untuk bermain game online.

Salah satu cara agar warnet anda tidak lag adalah dengan menambah bandwidth. Tapi, hal ini pastinya akan memberatkan anda yang memiliki warnet kecil dengan sedikit komputer client. Karena semakin besar bandwidth yang dibutuhkan, maka biaya perbulan yang harus dibayar kepada provider penyedia layanan internet juga akan semakin mahal. Anda tentunya tidak menginginkannya, karena pasti ini akan mengurangi omset anda. Namun, anda tak perlu khawatir, karena masih ada cara lain untuk memecahkan masalah ini.


Rahasia Membuat Warnet Anti Lag

Untuk mengatasi masalah lag, dibutuhkan Bandwidth Management (Manajemen Pembagian Alokasi Akses Internet). Manajemen pembagian alokasi akses internet ini bisa dilakukan dengan memasang mikrotik router. Apa itu Mikrotik Router? Suatu alat yang digunakan untuk kepentingan pembagian jaringan ke masing-masing komputer klien. Bisa juga untuk kepentingan lain seperti, memblokir situs porno, menyimpan data cache browsing dan games dan lain-lain.
Mikrotik

Dengan adanya mikrotik ini, anda tidak perlu khawatir lagi jika ada user yang sedang mendownload, karena tiap-tiap pc client mendapatkan pembagian bandwidth yang merata yang telah diatur pada mikrotik. Sehingga user yang sedang bermain game online tidak lagi mengalami lag di dalam game.
Bagaimana, apa anda mau mencoba memakai alat ini untuk warnet anda? Selalu berikan yang terbaik kepada para pelanggan agar mereka tetap setia dengan warnet anda dan tidak ingin pindah ke warnet yang lain.

Demikian info tentang rahasia membuat warnet anti lag. Semoga bisa bermanfaat untuk anda para pemilik warnet yang sedang bingung mengatasi masalah lag pada game online di warnet anda. Selamat mencoba dan semoga sukses…


By OperatorImut, operator yang imuut abiis… J

Share this:

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.

5 comments

makasih atas infonya gan sangat membantu

Sama2 mas Sandy Kurniawan, semoga bermanfaat ya...

ada panduan untuk setting mikrotiknya gan?

Berakkk kaga ada settingannya

mungkin leg ituh dari om asun

Copyright © 2015. Serba Serbi Warnet - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger