logo blog

DeepFreeze sebagai Software Proteksi Wajib bagi PC Client Warnet

DeepFreeze sebagai Software Proteksi Wajib bagi PC Client Warnet

Pentingnya DeepFreeze sebagai software proteksi pc client warnet

DeepFreeze sebagai Proteksi PC

DeepFreeze adalah software dari Faronics yang digunakan untuk membekukan atau bisa dikatakan membuat system pada Drive harddisk anda tetap seperti semula saat anda bekukan. Seperti namanya, Freeze yang artinya beku. Software ini digunakan untuk menjaga system pada PC / Komputer anda dari virus, malware, ataupun human error, karena setiap perubahan data pada drive yang telah di Deep Frezee akan kembali seperti semula. Deep Freeze biasanya diaktifkan pada drive yang terdapat OS di dalam nya, misalnya pada drive C. "Deep Freeze reducing IT support tickets by 63%", sehingga software ini sering digunakan di warnet dan perkantoran.
DeepFreeze


Pentingnya DeepFreeze untuk PC Client Warnet

Untuk pc client warnet sendiri deepfreeze merupakan salah satu aplikasi yang wajib diinstall di setiap pc client karena software ini bisa memproteksi pc client dari virus yang berasal dari flashdisk ataupun dari internet yang bisa merusak sistem pada pc. Dikarenakan pc client merupakan komputer yang dipakai oleh banyak orang, tentunya pc client membutuhkan sebuah proteksi yang tidak hanya melindungi pc dari virus saja, tetapi juga melindungi program atau aplikasi-aplikasi yang terinstall di dalamnya. Bisa saja user di warnet anda secara tidak sengaja menghapus atau uninstall sebuah aplikasi penting tanpa sepengetahuan anda, tentunya ini akan meresahkan, namun dengan adanya deepfreeze ini anda tidak perlu khawatir. Apabila ada aplikasi yang hilang pada pc anda atau settingan pc diubah-ubah oleh user yang jahil, anda tinggal merestart pc client anda dan pc client anda akan kembali seperti semula.

Namun, terkadang banyak yang lupa saat seseorang ingin menambah aplikasi baru pada komputernya atau menyimpan file baru pada drive yang terkunci oleh deep freeze tanpa membuka deep freeze terlebih dahulu. Maka, apa yang anda lakukan akan sia-sia. Aplikasi yang anda install atau file yang anda simpan akan hilang secara otomatis saat komputer anda direstart atau dishut down.
Berikut cara untuk disable/menonaktifkan deep freeze :
1.    Tekan ctrl + shift + alt + F6 secara bersamaan atau tekan shift kemudian double click pada icon deep freeze yang ada pada taskbar, maka akan muncul sebuah tampilan seperti di bawah ini :
DeepFreeze
2.    Jika password blm kita setting, maka kosongi saja kemudia tekan OK.
3.    Kemudian akan muncul sebuah tampilan seperti gambar di bawah ini. 
DeepFreeze
Terdapat 2 tab, yaitu : Tab Status dan Tab Password.
Tab status untuk :
·      Setting status deepfreeze
-          Boot frozen : untuk mengaktifkan deep freeze (membekukan/mengunci komputer)
-          Boot thawed : untuk menonaktifkan deep freeze
·      License : untuk mengganti serial number
·      Clone
Tab password untuk : menyeting password deep freeze sesuai keinginan anda agar tidak semua orang bisa membukanya. Yang harus diperhatikan dalam setting password adalah anda tidak boleh lupa password karena tidak ada fasilitas untuk reset password. Meskipun komputer anda diinstall ulang sekalipun akan tetap pada kondisi semula jika status deep freeze pada komputer anda masih aktif.


4. Untuk membuka/menonaktifkan deep freeze, pilih boot thawed pada tab status dan kemudian klik Apply and Reboot, maka komputer akan melakukan reboot/restart. Dan setelah proses reboot selesai, anda bisa menginstall, patch game maupun menyimpan file baru pada komputer anda tanpa harus khawatir lagi file anda akan hilang. Jika anda ingin mengaktifkan kembali deep freezenya, lakukan kembali langkah diatas dan pilih frozen pada tab status.

Bagaimana, mudah kan cara membuka deep freeze? Serta begitu penting kan deep freeze untuk pc client warnet anda? Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk menginstall aplikasi yang satu ini di pc client warnet anda.

Demikian artikel tentang pentingnya deep freeze untuk pc client warnet. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang menjalankan bisnis warnet atau yang sedang bingung karena pc client di warnetnya sering terkena virus atau banyak file-file yang corrupt karena ada data yang terhapus oleh user warnet. Semoga dengan membaca artikel ini bisnis warnet anda akan semakin lancar dan sukses selalu.

By OperatorImut, operator yang imuut abiis… J

Share this:

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.

No comments

Copyright © 2015. Serba Serbi Warnet - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger